WELCOME TO AL-AZHAR ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL - AL-AZHAR ISLAMIC NATIONAL SCHOOL  |  HOTLINE (031) 5922205 DAN FAX (031) 5922239  |  EMAIL humas@alazhar-jatim.sch.id  

Membuat Pembelajaran yang Menyenangkan

February 27, 2012 | posted in: GALERI GURU | by

Oleh Pebri Catur Saksana, ST : Guru SD Islam Al-Azhar 11 Surabaya

 Membuat murid menjadi senang, tertarik dan antusias dengan pelajaran yang disampaikan oleh gurunya, tidaklah terlepas dari kiat guru tersebut dalam mempersiapkan materi dan kegiatan pembelajarannya sematang mungkin. Persiapan yang matang tentu akan memberikan kemudahan bagi guru dalam mengelola kelasnya dengan baik. Sebagai seorang guru haruslah mengerti dengan karakteristik dari anak didiknya.

Kunci suksesnya adalah “senang”. Kesenangan tidak terlepas dari yang namanya anak-anak. Apalagi anak usia sekolah dasar dimana mereka masih harus banyak mengeluarkan energinya dengan aktifitas motorik. Kesenangan anak dalam dunia games haruslah dilihat sisi positifnya. Karena tidak semua games itu berlabel “negatif” tinggal bagaimana kita mengarahkan mereka kearah positif. Guru harus selalu meng-update dirinya agar tidak kalah pengetahuan dengan anak-anak didiknya. Pengetahuan anak tentang tehnologi sangaat memadai karena ranah tehnologi internet banyak memberikan informasi tehnologi yang beragam dan inovatif serta updated. Kalau kita sebagai guru tidak menyeimbangkan keilmuan kita dalam menggali pengetahuan-pengetahuan yang baru maka guru tersebut akan terlihat kurang menarik. Ananda Billy Alkatiri murid kelas 2 SDIA 11 mengatakan bahwa dia senang pada guru yang pandai dan mengerti banyak hal. Demikian pula dengan ananda Rajendra Athallah murid kelas 5 SDIA 11 yang mengatakan bahwa dia paling senang dengan guru yang tahu apapun dengan pengajaran yang asyik dan bisa menggunakan tehnologi. Ini hanya perwakilan dari sekian banyak murid yang juga mengatakan hal yang sama, yaitu mereka senang dengan guru yang pandai, tahu tehnologi dan cara mengajarnya yang asyik dan menyenangkan.

“Belajar akan efektif jika dilakukan dalam suasana menyenangkan.” (Peter Kline, The Everyday Genius)

“Pada saat lahir, setiap anak memiliki potensi kecerdasan yang lebih besar daripada  yang pernah digunakan oleh Leonardo Da Vinci.” (Glenn Doman, Teach Your Baby to Read)

Kalau kita cuplik dari apa yang dikatakan oleh Glenn Doman, bahwa semua anak cerdas. Hanya saja tingkat kecerdasannya yang berbeda-beda serta setiap anak memiliki tipe kecerdasan yang beragam pula. Namun, Allah swt sangatlah adil dalam menciptakan mahluk-Nya.

Disini saya akan mencoba memberikan sedikit pengetahuan dalam membuat sebuah permainan edukasi yang menggunakan IT. Permainan ini mungkin sudah pernah diberikan oleh para pemerhati pendidikan. Permainan ini sangat efektif dalam memberikan pengetahuan bagi anak. Selain anak menjadi senang, gurupun akan terbantukan dalam mengelola kelasnya dengan baik. Permainan ini menggunakan program Power Point. Program power Point selain dapat digunakan sebagai media presentasi ilmiah juga dapat digunakan untuk pembuatan game sederhana. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Buatlah judul permainan (game ) pada “Click to add title”
  2. Kemudian buat pula nama pembuatnya pada “Click to add subtitle” (gbr.1)
  3. Lalu pada slide kedua, kita mulai membuat soal permainannya. Misal kita akan membuat game muslim yang berkaitan dengan agama. Kita membuatnya dengan model multiple choice seperti pada game “Who Wants Tobe Milyunaire”. Seperti pada gambar dibawah ini (gbr.2)
  4. Pada slide ketiga, kita buat tempat mendapatkan hadiahnya untuk jawaban yang benar. Caranya adalah membuat hyperlink pada kotak jawaban yang benar yang ada pada slide kedua (slide soal) ke slide ketiga ini.

 

Langkah-langkahnya :

A. Klik kanan mouse pada kotak jawaban yang benar

B. Pilih Hyperlink

C. Klik menu Hyperlink dan kemudian cari slidenya ( gbr.3 dan gbr.4)

D. Klik OK, maka kotak jawaban yang benar telah terhubung dengan slide ke   3. Pada slide ini perlu diberikan tambahan tombol NEXT yang berfungsi untuk menghubungkan ke soal berikutnya pada slide soal selanjutnya (gbr.5)

 

  1. 5.      Untuk slide ke 4,kita buat untuk jawaban yang salah seperti pada gambar dibawah ini. Dan pada slide ini juga diberikan tambahan tombol BACK untuk kembali ke slide soal. Tapi kalau memang tak perlu juga tidak apa-apa. (gbr.6)
  2. Untuk slide ke 5 dan seterusnya konsep pembuatan soalnya juga sama seperti diatas. Banyaknya soal tergantung dari kreatifitas Bapak/Ibu guru. Sedangkan untuk bentuk gambar hadiahnya bisa dicarikan dari gambar-gambar yang menarik. Bisa mencarinya lewat Google tinggal ketik “ gambar tas/boneka/jam tangan/mainan/ dan lain sebagainya”

Untuk lebih menarik bisa ditambahkan dengan sound musik ataupun movie dari tombol/icon :Insert sound dan insert movie.

Permainan ini bisa dikaitkan dengan mata pelajaran apapun sesuai dengan mata pelajaran apa yang Bapak/Ibu guru ajarkan. Insya Allah, dengan adanya pembuatan permainan ini dapat membantu kegiatan belajar mengajar rekan-rekan di sekolah dan juga anak-anak didik kita semakin senang dan cinta dengan pelajaran yang kita ajarkan kepada mereka.

Semoga berkah buat kita semua, amin ya roobal alamin.

Jika dari rekan-rekan ingin mendapatkan model atau contoh software power pointnya yang telah dibuat dan diproduksi oleh anak-anak didik kami dapat menghubungi Email:

Pebricatursaksana_st@yahoo.com

Insya Allah, dapat bermanfaat bagi kita semua,Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


[top]
Leave a Reply


Marquee Content Powered By Know How Media